Minggu, 02 Oktober 2016

Tren Teknologi Wearable Device Sebagai Implementasi Internet of Things (IOT)


   Perkembangan teknologi yang kian pesat memunculkan berbagai inovasi tren teknologi terbaru. Teknologi itu sendiri diciptakan oleh manusia untuk memberikan kemudahan & solusi dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah dengan hadirnya teknologi wearable device, Definisi dari pengertian wearable device sendiri mengutip dari wikipedia adalah sebuah perangkat yang bisa dipakai di bagian tubuh manusia yang berhubungan dengan operasi komputer dan teknologi yang canggih dengan memperhatikan estetika dan fungsi yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

   Perangkat wearable device yang biasa dipakai khalayak umum serta banyak dijual untuk saat ini adalah smartwatch, smartband, wireless headset & smartglass. Untuk smartglass merupakan teknologi wearable device yang paling mutakhir yang sedang dikembangkan oleh Google. Prinsip utama dari konsep dikembangkannya wearable device itu sendiri adalah wearable technology, yaitu teknologi yang bisa dipakai & diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Sejarah perkembangan wearable technology.
   Teknologi wearable device merupakan implementasi dari internet of things (IOT), skenario dimana sebuah objek, binatang atau orang dengan menggunakan identifikasi unik dan kemampuan untuk secara otomatis mentransfer data melalui jaringan tanpa memerlukan campur tangan antara manusia maupun komputer. Semua perangkat yang terhubung lalu dapat saling bertukar data & informasi melalui media koneksi nirkabel, misalkan via wifi, bluetooth, NFC, RFID atau bahkan melalui jalur komunikasi selular. Untuk selanjutnya mekanisme pertukaran informasi tersebut dilakukan secara packet switched melalui internet. Sebagai contohnya smartwatch yang saya pakai terhubung dengan smartphone melalui bluetooth, lalu dengan smartwatch tersebut saya dapat membaca email & membalas pesan yang dikirimkan pada saya tanpa perlu membuka smartphone.

Smartwatch
   Potensi dari tren penggunaan teknologi wearable device yang merupakan implementasi dari internet of things terbilang cukup besar dikarenakan menurut prediksi hingga tahun 2030-an akan terdapat puluhan milyar perangkat teknologi yang dapat saling terhubung.

Prediksi IOT
   Bahkan menurut survey yang dilakukan oleh Ericsson ConsumerLab menunjukkan bahwa kecenderungan pengguna untuk beralih menggunakan wearable technology di masa depan semakin bertambah.

Survey wearable technology


Referensi:



3 komentar:

  1. teknologi telah menjadi bagian dari kehidupan--termasuk di dalamnya adalah wearable dan pocketable. Produk-produk tersebut kini menjadi bagian dari IoT yang telah menambah jumlah networks. Yang menarik lagi, dengan adanya teknologi baru baik wearables, pocketables, maupun gadgets,hanya orang yang responsif terhadap perubahan yang dapat mengikuti perkembangan ini.

    BalasHapus
  2. wew.. menarik kali,, klo ada sarung tangan yg bsa bikin jari2 kita gerak baca not musik asik tu,, org2 jd mndadak pinter main alat musik..

    BalasHapus
  3. Wearable device semakin memanjakan manusia dengan kemudahan yang disajikan untuk berkomunikasi dan melakukan pekerjaan sehari-hari. Duh, jadi mager kemana-mana nih kalo begini carany ^_^ cukup di satu tempat saja, semua pekerjaan dapat selesai dalam satu waktu.

    BalasHapus