Minggu, 21 Agustus 2016

Apa itu Informasi?

     Perkuliahan pertama tentang Isu-isu kontemporer informasi membahas tentang apa itu informasi? Bagi saya sebagai orang teknik yang mempelajari IT, definisi informasi sendiri adalah sekumpulan data yang mempunyai arti & bisa di mengerti oleh yang membaca dalam hal ini adalah manusia.
Menurut Abdul Kadir (2002: 31); McFadden dkk (1999) mendefinisikan informasi sebagai data yang telah diproses sedemikian rupa sehingga meningkatkan pengetahuan seseorang yang menggunakan data tersebut.

   Sekarang ini kita hidup pada era informasi digital & pemakaian internet sebagai media pemerolehan informasi sangat dominan sehingga saya akan sedikit menyerempet ke dalam perspektif dunia IT bagaimana mekanisme pemerolehan & pertukaran informasi itu terjadi, hal tersebut dapat dijelaskan dalam proses Three way handshake pada protokol TCP/IP. Saya ambil contoh misal saya akan mengajak seseorang gadis cantik indonesia untuk kencan maka saya akan mengajaknya dengan bertanya mengirimkan informasi dalam bahasa indonesia lalu dia akan merespon. Semua proses pertukaran informasi pada gadget kita yang terhubung dengan internet menggunakan mekanisme seperti itu.

   Protokol TCP/IP banyak digunakan pada web, chatting apps & email yang data informasinya berbasis pada teks & gambar kecuali media online streaming karena protokol ini sangat reliable & robust sehingga data informasi yang dikirimkan dari sisi pengirim akan tertampil sama persis pada sisi penerima. Data ataupun informasi digital yang biasa kita pakai sehari-hari aslinya adalah data biner yang hanya berupa bilangan 0 & 1 sehingga dengan bantuan protokol TCP/IP data biner tersebut dapat di kirimkan & interpretasikan menjadi informasi yang mempunyai arti & bermakna bagi manusia.


   Sehingga benar apa yang dikatakan oleh Robert M. Loose pada jurnal A Discipline Independent Definition & Information yang menyatakan bahwa informasi haruslah be something walaupun hanya berupa data biner yang ditransmisikan dari pengirim ke penerima & bisa menjadi be about something jika data biner tersebut bisa di interpretasikan menjadi data yang urut lalu menjadi informasi yang mempunyai arti bagi manusia.

    Secara hirarki informasi terbagi menjadi 4 tingkatan yaitu:


Dalam hal ini misal data digital yang berbentuk data biner diubah dengan bantuan mesin/komputer & protokol pendukung menjadi informasi berupa teks maupun gambar yang mempunyai arti & makna bagi manusia lalu menjadi pengetahuan sehingga membantu manusia dalam mengambil keputusan.



Referensi:

- Abdul Kadir, Pengenalan Sistem Informasi, Penerbit Andi Yogyakarta, Yogyakarta: 2002
- James F. Kurose, Computer Networking  A Top-Down Approach Featuring the Internet,        Addison-Wesley, USA, 2000
Robert M. Loose, A Discipline Independent Definition & Information, Univ. of North    Carolina, NC, 1998
- https://id.wikipedia.org/wiki/Transmission_Control_Protocol
- https://en.wikipedia.org/wiki/Handshaking






4 komentar:

  1. bener2 teknis nih,pdhl br pembuka aja ya mas,maklum kl soal jaringan aq g da pengalaman blass he3, brrti TCP/IP tu smcam perantara antara data pengirim dan penerima ya?

    BalasHapus
  2. Lebih mengarah ke teknik informatika ya? bener kata mbak mufida kurang ngerti masalah jaringan dan sebangsanya, akan dipelajari selanjutnya anyway

    BalasHapus
  3. Menarik Mas Arif, Oiya mas dalam dunia IT adakah contohnya tahapan pengetahuan menjadi wisdom?

    BalasHapus
  4. my question is: When information becomes knowledge?

    BalasHapus