Minggu, 23 Oktober 2016

Human Information Behaviour

   Mencari & menggunakan informasi adalah kebutuhan manusia di era informasi & informasi berguna sebagai pengetahuan. Beragam cara digunakan untuk dapat mengakses informasi yang dibutuhkan mulai dari menggunakan media digital maupun media cetak. Menurut Wilson dalam jurnalnya Human Information Behavior. Special Issue on Information Science Research, Vol. 3 No. 2 mengatakan bahwa karakter tiap orang yang berbeda-beda menyebabkan informasi yang dicari juga berbeda, hal ini disebabkan oleh aspek dari sosial budaya, ekonomi, politik serta peran sosial tiap individu. Perbedaan perilaku tersebut akan memunculkan keragaman perilaku informasi yang dalam hal ini jika di kaitkan dengan dunia perpustakaan ataupun provider informasi maka harus bisa memberikan pelayanan terkait informasi yang mereka butuhkan sesuai dengan karakter mereka.
   Membaca & mengindentifikasi perilaku informasi sangat penting untuk dilakukan karena berkaitan dengan arah pembangunan & penerapan ekosistem informasi. Wilson lalu membagi tentang perilaku informasi dengan beberapa istilah, yaitu information behavior, information seeking behavior, Information Searching Behavior & Information Use Behavior. Definisi dari istilah-istilah tersebut adalah:
  • Information behavior (perilaku informasi) merupakan keseluruhan perilaku manusia berkaitan dengan sumber dan saluran informasi, termasuk perilaku pencarian dan penggunaan informasi baik secara aktif maupun secara pasif. Menonton televisi, membaca koran/website, berbicara kepada individu lain dapat dianggap sebagai perilaku informasi.
  • Perilaku penemuan informasi (information seeking behavior) merupakan upaya menemukan informasi dengan tujuan tertentu sebagai akibat dari adanya kebutuhan untuk memenuhi tujuan tertentu. Dalam hal ini seseorang menemukan informasi bisa melalui media cetak maupun media digital (Smartphone, Komputer).
  • Perilaku pencarian informasi (information searching behavior) merupakan perilaku di tingkat mikro, berupa perilaku mencari yang ditunjukkan seseorang ketika berinteraksi dengan sistem informasi. Perilaku ini terdiri dari berbagai bentuk interaksi dengan sistem yaitu interaksi manusia dengan komputer misalnya penggunaan mouse atau tindakan meng-klik sebuah link, maupun di tingkat intelektual dan mental misalnya keputusan memilih buku yang paling relevan di antara sederetan buku di rak perpustakaan.
  • Perilaku penggunaan informasi (information user behavior) terdiri dari tindakan-tindakan fisik maupun mental yang dilakukan seseorang ketika seseorang menggabungkan informasi yang ditemukannya dengan pengetahuan dasar yang sudah ia miliki sebelumnya. 
Model perilaku informasi
   Menurut Wilson seeking & searching adalah sesuatu yang berbeda, seeking bersifat lebih umum sedangkan searching bersifat lebih khusus dan terarah. Sehingga dari pengertian tersebut berarti information seeking adalah upaya menemukan informasi secara umum, dan information searching adalah aktivitas khusus mencari informasi tertentu yang sudah lebih terencana dan terarah. Wilson juga menjabarkan beberapa hal personal yang mempengaruhi aktivitas perilaku informasi, antara lain:
  • Kondisi psikologis seseorang. Perasaan senang atau sedih seseorang berpengaruh terhadap perilaku informasi
  • Demografis, menyangkut kondisi sosial-budaya seseorang sebagai bagian dari masyarakat tempat ia hidup dan berkegiatan. Kelas sosial juga dapat mempengaruhi perilaku informasi seseorang, misal perilaku seseorang dari kelompok masyarakat yang punya akses informasi melalui internet pastilah berbeda dari orang yang tak memilikinya.
  • Peran seseorang di masyarakatnya, khususnya dalam hubungan interpersonal ikut mempengaruhi perilaku informasi.
  • Lingkungan, dalam hal ini adalah lingkungan dari individu tersebut berada.
  • Karakteristik sumber informasi, Karakter media yang akan digunakan dalam mencari dan menemukan informasi.

Referensi:

Priyanto, Ida Fajar. 2016. Kebutuhan dan Perilaku Informasi, Materi Kuliah Isu-isu Kontemporer Informasi Sesi 7. Yogyakarta: Program Studi Kajian Budaya dan Media Minat Studi Manajemen Informasi dan Perpustakaan UGM.


http://restyjf.blog.ugm.ac.id/2009/05/11/information-behavior/

Wilson, T. D. 2000. Human Information Behavior. Dalam Special Issue on Information Science Research, Vol. 3 No. 2.


2 komentar:

  1. mungkin pengalaman dan pengetahuan juga bisa ditambahkan sebagai dua hal yang mempengaruhi perilaku informasi selain yang sudah disebutkan di atas.

    BalasHapus
  2. wah kyakx bisa ni bikin usaha jual informasi,, bikin jalan alternatif buat mmnhi kbtuhan infrmasi, tar bsa skalian kasih ref. lain klo mreka mash tahap seeking

    BalasHapus